Positive Info

Semoga informasi-informasi di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Peduli Lingkungan

Posted by akiteha pada April 23, 2008

dunia-globe.jpgSemua sudah maklum bahwa bumi yang sama-sama kita diami ini sudah semakin tua, sebagaimana manusia pada umumnya, pada usia lanjut tentunya akan semakin menurun kondisinya. Alangkah bijaksananya kita-kita yang merasa memiliki bumi ikut andil untuk menjaga syukur-syukur sampai dengan menyelamatkan bumi yang sudah mulai sakit-sakitan.

Terus apa yang bisa kita lakukan? sebenarnya banyak hal yang bisa kita kerjakan, salah satu contoh “Batagor” sudah sampai jilid dua peduli pada lingkungan, moga-moga dalam waktu yang gak terlalu lama jilid tiga segera terwujud.

Diperempatan atau simpangan jalan yang dilengkapi lampu pengatur lalu lintas, lampu “bangjo” kata saudara-saudara kita dari Jawa, maksudnya Abang (=merah) dan Ijo (=hijau), kenapa kuningnya gak disebut ya? Dibeberapa tempat sudah dilengkapi dengan penunjuk waktu, sehingga para pengguna jalan bisa memperkirakan berapa detik akan kena merah atau berapa detik akan jalan karena lampu hijau. Bila saja pada saat berhenti (lampu merah) semua kendaraan bermotor di persimpangan mematikan mesinnya dan dinyalakan lagi pada angka 3-5 detik menjelang lampu hijau, berapa persen pencemaran udara karena knalpot kendaraan bermotor yang bisa dikurangi, hitung sendiri deh.

Di era teknologi yang makin janggih ini, banyak sekali inovasi-inovasi menuju ke hal yang positif, praktis. Kita coba ambil contoh, kebanyakan kita tidak lagi menggunakan sapu tangan tetapi mengganti dengan “tissue” demi efisiensi dan kepraktisan. Kalau dulu, jamannya sapu tangan, setelah dipakai dan kotor lalu dicuci untuk digunakan kembali. Pengguna tissue, sekali pakai lalu buang, dan sering-seringnya dibuang sembarangan. Bila pengguna tissue satu hari menggunakan satu pak yang isinya lima lembar, berapa banyak pengguna tissue di kota Bandung? tinggal dikalikan, berapa banyak yang nyampah dari tissue saja.

Kasus lain adalah penggunaan kantong plastik (keresek) sebagai pengganti kantong kertas atau daun, alhamdulillah saat ini beberapa toko sudah mengurangi bahkan meninggalkan penggunaan plastik diganti dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

Mari kita peduli pada lingkungan, mulai dari yang kecil, mulai pada diri sendiri dan mulai sekarang.

 

Tulisan terkait : Selamatkan bumi kita

10 Tanggapan to “Peduli Lingkungan”

  1. bayuhebat said

    ehmmmm hal kecil bisa jadi sesuatu hal yang besar yah jika dikerjakan bersama.

  2. Sip Kang. Dukung penuh peduli lingkungan.
    Semoga ngga lupa, nanti bebersih bandung yuk! jilid 3,27 April( ohya, pindah Kang, ke Taman Lansia,sebelah jalan Cisangkuy) jangan lagi pake keresek ya. Tapi carangka. Yang dari bambu tea.

  3. BLOGIE said

    SETUJU!!!

  4. indra kh said

    Memperbanyak tanaman di depan rumah (biarpun menggunakan pot) juga hal simpel yang bisa membantu lingkungan. Atau sumur resapan bagi yang masih punya sisa lahan di pekarangan rumah.

  5. infogue said

    Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://lingkungan.infogue.com
    http://lingkungan.infogue.com/peduli_lingkungan

  6. deniar said

    Satu lagi tambahan, di tempat parkir di mall2 juga pak. Begitu masuk ke parkiran harusnya mesin motor dimatikan. Cukup didorong saja. Karena ternyata polusi di ruangan kecil dan sempit contoh seperti parkir motor BIP bisa bikin sesak napas

  7. juliach said

    Kenapa tidak kembali jalan kaki saja, bila agak jauh ya bisa bersepeda, jauhan lagi naik bis (kalo bisa bis listrik, jauhan lagi naik TGV.

    Salam kenal.

  8. aldy said

    hebat

  9. dwi nanto said

    aku setuju dengan apa yang telah di katakan oleh saudara kita,
    lebi baik mulai sekarang lakukan, mari bersama sama jaga bumi kita.

    *) betul bro – kita sama2 jaga kelestarian linkungan

  10. erlangga said

    mari bersama sama menbangun dunia lingkungan hidup ,sp lg lau bukan Qt “jagalah bumi dari tangan tangan jahil” bumi pertiwi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: