Positive Info

Semoga informasi-informasi di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Ditemani co-pilot “Mio-C230”

Posted by akiteha pada April 15, 2008

mio-c230.jpgDalam menempuh perjalanan, baik menggunakan kendaraan sendiri maupun kendaraan umum, hal yang sering kita lakukan adalah mencari alamat tujuan, apalagi bila lokasi tujuan adalah tempat yang masih asing bagi. Pada saat itu kita sangat mendambakan penunjuk jalan yang dapat membantu mengarahkan menuju tempat tujuan agar cepat dapat dicapai dan yang terpenting tidak kesasar.

Dalam pencarian selama ini, beberapa keterangan baik dari iklan, koran, majalah maupun dari teman-teman, saat ini menemukan pendamping setia dalam setiap perjalanan yang di sebut “Mio Digi Walker-C230”.

 

Mio Digi Walker type C 230, adalah suatu alat yang dilengkapi dengan peta, khususnya Jawa dan Bali, dan alat tersebut sudah dilengkapi dengan GPS (The Global Positioning System) yang dioperasikan secara gratis. GPS pada alat ini dapat mendeteksi 12 satelit setiap saat dengan akurasi menurut buku petunjuknya sampai dengan 5 meter (15 feet). Alat ini dioperasikan dengan sistem layar sentuh (touch screen), langsung menggunakan jari.

 

Peta dapat ditampilkan dalam model 2 dimensi atau 3 dimensi seperti gambar di atas, dan pembesaran (zoom) dapat diatur sesuai keinginan.

Misalkan kita akan menuju ke suatu tempat, sebelumnya ditentukan dulu pada peta tempat yang akan dituju tersebut, penentuan ini tidak harus tepat posisinya, paling tidak daerah yang dekat dengan lokasi tersebut, misalnya perempatan, lokasi tersebut bisa dicari dengan cara menggeser peta, atau bisa juga dengan pencarian melalui alamat (address).

Selanjutnya ikuti saja apa yang ditunjukkan di peta, dan kalau sambil mengemudi, tidak perlu melihat terus peta tersebut, sebab alat ini dilengkapi dengan suara, jadi kita dipandu dengan suara:

Misalnya akan terdengan suara “in 500 m, turn left” berarti 500 m didepan ada simpangan, kita belok ke kiri. Bila telah dekat dengan simpangan tersebut (sekitar 20 m sebelumnya) akan terdengar lagi “turn left“. Apabila simpangannya masih jauh atau perjalanannya lurus, juga akan di pandu dengan suara “continue 2.7 kms“. 

Mio C230 sudah dilengkapi dengan kabel power yang catu dayanya dapat diambil dari pematik rokok (cigarette lighter) di kendaraan dan juga dilengkapi dudukan untuk menaruh alat yang dapat dengan mudah dipasang pada kendaraan, seperti ilustrasi berikut:

Sistem Touch Keyboard nya menggunakan 3 model, model QWERTY seperti mesin tik, model Alphabetic dan modek Keyoad seperti Hand Phone.

 

Satu hal lagi yang menarik pada alat ini, POIs (Point of Interest) yaitu tempat-tempat penting yang biasanya diperlukan dalam perjalanan, misalnya tempat makan, POM Bensin (SPBU), rumah sakit, hotel dan sebagainya. Cara mencarinya juga sederhana, misalkan kita sedang berhenti disuatu tempat, kemudian butuh bahan bakar,  tekan saja POIs, kemudian Search Nearby (mencari posisi terdekat dengan posisi kita), terus cari POM Bensin (Petrol Station), maka akan terpampang beberapa SPBU, lengkap dengan No. SPBU, jarak dari posisi kita (km), arah mata angin dari posisi kita dan nama tempatnya. (Contohnya: SPBU 34-40244, 2.3 km, W, Cicaheum).

Mudah-mudahan sekelumit cerita ini dapat memberi gambaran bagi rekan-rekan netter semua dan dengan alat yang mungil ini tidak takut lagi kesasar.

 

Tulisan terkait Biar ngga sering kesasar muter-muter

 

7 Tanggapan to “Ditemani co-pilot “Mio-C230””

  1. Dah dicoba keluar kota Kang?

  2. […] Mau lebih lengkapnya lagi ada yang dah coba disini, […]

  3. TH said

    @ rumahkayubekas
    Sampai sekarang baru di dalam kota saja, data jalan cukup lengkap sampai ke jalan-jalan kecil, jalan di kompleks perumahan juga terekam. Kecuali data jalan yang baru memang belum terekam. Insya Allah week end ini mo nyoba ke luar kota.

  4. Riki Risnandar said

    pak, reviewnya bagus, ada screenshot2nya juga.Kalau kota2 luar misalnya cirebon atau tangerang sudah lengkap belum ya mapnya ?

  5. krisna said

    Maaf pak.. saya mau tanya adakah kekurangannya dari prod ini..? trus apakah ada voicenya dalam bentuk indonesia..?? trimakasih..

  6. krisna said

    Maap Pak mAu Tanya Lagi.. saya sudah membeli mio C230.. tp ternyata hwah sulit skali d hack… mohon bantuan.. bila berkenan.. trimaksih..

  7. […] Mau lebih lengkapnya lagi ada yang dah coba disini, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: