Positive Info

Semoga informasi-informasi di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Buat yang biasa berlama-lama di depan kompi

Posted by akiteha pada Maret 3, 2008

Duduk di belakang meja, menatap layar/monitor komputer sambil memijit huruf-huruf dan angka-angka hingga terbentuk rangkaian kata merupakan rutinitas sehari-hari para blogger demi kesinambungan blognya yang telah berkibar di dunia maya. Disadari ataupun tidak kegiatan para blogger ini berakibat melelahkan, bahkan tidak jarang akan terasa pegal-pegal di bahu, punggung bahkan leher. Hal ini merupakan suatu dilema,  di satu sisi blogger harus konsisten dengan predikat yang disandangnya, tetapi disisi lain apabila dibiarkan tentu akan berakibat yang sangat tidak diharapkan.

Suatu hal yang bijak apabila kita mengikuti memperhatikan nasihat para ahli kesehatan dan kebugaran, bahwa untuk mengimbangi masalah ini adalah dengan cara melakukan streching atau peregangan otot. Peregangan ini dapat dilakukan setiap hari, bahkan pada saat kita berada di belakang meja kerja atau meja komputer.

Peregangan minimal yang dapat dilakukan adalah:

  1. Punggung – posisi berdiri, letakkan telapak tangan pada punggung bagian bawah (tepat di bagian ginjal) dengan jari-jari tangan menunjuk ke bawah dan ibu jari menunjuk ke luar. Dorong tangan perlahan ke depan sambil angkat dada ke luar dan tahan pada hitungan 8 – 10 detik, ulang 2 – 3 kali.
  2. Tulang belikat – kaitkan jari-jari kedua tangan di belakang kepala dan coba dekatkan bagian dalam tulang belikat, tahan pada hitungan 3 – 5 detik, ulangi 2 – 3 kali.
  3. Bahu – tarik bahu ke atas, ke arah telinga, tahan selama hitungan 3 – 5 detik, saat merilekskan bahu kembali, rasakan bahu benar-benar turun ke bawah untuk menghindari ketegangan bahu.
  4. Leher – miringkan kepala ke kanan, dengan telinga kanan menuju bahu kanan, sambil melakukan gerakan ini, turunkan bahu kiri ke bawah, lakukan secara bergantian bahu kiri dan kanan, selingi dengan gerakan-gerakan mengangkat bahu. 

 

9 Tanggapan to “Buat yang biasa berlama-lama di depan kompi”

  1. deniar said

    Wah cocok banget nih untuk orang2 yang sering di depan kompie macam aku…

    *) betul den …..
    jangan lupa diri di depan kompi,
    sempatkan untuk lakuin gerakan2 ini,
    jangan sampai sudah duduk lupa berdiri,
    agar tiada penyesalan dikemudian hari.

  2. indra kh said

    Tips yang bagus. Trims

    *) mudah-mudahan dengan gerakan-gerakan sederhana ini bila kita-kita mau menyempatkan melakukannya, bisa mengurangi pegel-pegel dan sakit badan karena suka lupa diri di depan kompi

  3. Ina said

    wah….Kang TH ngasih tips sehat yg bermanfaat bgt. Thx Kang.
    ada tips sehat buat diet ngga Kang???😀

    *) he he ….. berlama-lama di depan kompi khan emang kerjaan kita ya …. mudah-mudahan tip streching ini sedikit banyak dapat mengurangi sakit badan bila terlalu lama bercengkrama dengan kompi. sehat buat diet???? ….. sapa yang punya nih??

  4. Donny Reza said

    Hehe, naluri kali ya…? Kalau saya sudah seharian di depan komputer, memang itu yang saya lakukan😀

    *) wah …. naluri yang baik tuh, bisa dong menularkan pengalaman-pengalaman lainnya, pasti sangat berguna bagi para blogger, terimakasih kunjungannya

  5. kumanz said

    kalo badan mah tahan depan komputer berjam2 jg, tapi kepala nih yang g tahan…pusing.
    ada tips-tipsnya ??

    *) kalo sarannya sederhana saja, “melakukan apapun jangan berlebihan“, setelah beberapa lama istirahat dulu sambil streching, pokokna mah ada istirahatnya. nuhun sudah berkunjung

  6. Wah, ya juga Kang…
    Penting penting nih..

    *) emang sih, kalo dah di depan kompi trus lupa segalanya, ya silih ngingetan we supaya tidak terjadi hal yang negatif. selain bebersih, kita juga mesti membiasakan berperilaku sehat

  7. deniar said

    Akhir2 ini sering pegal2 di depan komputer terus ngerjain skripsi. Jadi inget pesan2 pak TH supaya rada banyakan gerak. Nuhun

  8. chatoer said

    sangat bermanfaat pak TH, kebanyakan nongkrong depan komputer nih

    *) ya, jangan sampe lupa diri

  9. dino said

    top berat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: