Positive Info

Semoga informasi-informasi di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Haji mabrur

Posted by akiteha pada Januari 19, 2008

kabah-01.jpg

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Alhajjul mabruru laisa lahul jazza-u illal jannah” yang artinya Haji yang mabrur tiada balasan kecuali Surga” (HR. Bukhari dan Muslim). Orang yang bergelar haji mabrur akan merasa malu kepada Allah SWT apabila melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya dan senantiasa akan menjaga lahir dan batin untuk selalu berada di jalur-Nya.

Mabrur …….. suatu predikat yang sangat diinginkan bagi mereka yang baru pulang dari tanah suci untuk melaksanakan  rukun iman yang terakhir. Selamat datang kembali ke tanah air bagi yang baru pulang menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji / hajah yang mabrur. Bagi yang belum berkesempatan, semoga mendapat panggilan Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji dimasa-masa yang akan datang. 

Beberapa ulama mengatakan, ciri-ciri mabrur yang paling utama adalah berubahnya perilaku menjadi lebih baik. Kalau pelajar/mahasiswa maka akan meningkat semangat belajarnya, apabila pengusaha maka akan meningkat usahanya untuk membehagiakan keluarga. Meningkat semangat pengajiannya …… meningkat, meningkat dan meningkat kearah positif.

Dr. KH. Miftah Faridl dalam bukunya “Antar Aku ke Tanah Suci” mengungkapkan, haji mabrur dapat terlihat setelah pulang dari tanah suci , “Ia menjadi gemar melaksanakan ibadah-ibadah sunnah dan amal sholeh lainnya serta berusaha meninggalkan perbuatan-perbuatan yang makruh dan tidak bermanfaat”.

 

Satu Tanggapan to “Haji mabrur”

  1. yosran405 said

    mANTAPP BOSSS

    *) mantap juga gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: