Positive Info

Semoga informasi-informasi di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Amalan daim Rasulullah SAW

Posted by akiteha pada Desember 27, 2007

Oleh Ustadz Digital   

Sunday, 28 October 2007 

Nama: Rita

Domisili: Padang

Pesan: Pak ustadz ada hadits: dari hafsah r.a ia berkata: ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan rasulullah saw. yaitu puasa asyura, puasa 10 hari sepertiga bulan dzulhijjah, puasa tiga hati setiap bulan, dan sholat dua rakaat sebelum subuh.(HR. Ahmad dan Nasa’i).

1. Apakah hadits tersebut dhoif apa yang dimaksud puasa 10 hari sepertiga bulan pada bulan dzulhijjah, tepatnya tanggal berapa?

2. Sholat 2 rakaat sebelum subuh apakah yg dimaksud sholat fajar?

Demikian pertanyaan saya. syukron katsiron. 

Jawaban:

1. Kami belum menemukan lafazh hadits tersebut, namun untuk puasa 10 hari bulan dzulhijjah, menurut kami menyalahi nash-nash yang shahih tentang puasa bulan Dzulhijjah. Disunnahkan pada bulan Dzulhijjah untuk berpuasa tanggal 9 Dzulhijjah saja, yaitu puasa arafah. Yang disunnahkan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah :Dilarang memotong kuku dan rambut pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah bagi yang akan berqurban. Kami belum menemukan hadits maupun fatwa ulama tentang puasa di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.Namun, 3 amalan lain yang disebutkan di hadits itu, semuanya benar dan masing-masing memiliki nash yang shahih, yaitu tentang : Puasa 3 hari setiap bulan (tiap tgl. 13, 14, 15 bulan hijriah), dua raka’at sebelum subuh, serta puasa asyura. 

2. Sebenarnya yang dinamakan shalat fajar adalah shalat subuh. Jadi, shalat sunnah sebelum subuh biasa dinamakan shalat sunnah fajar. Namun orang biasa menyingkatnya menjadi shalat fajar saja. Hal ini tidak mengapa.  

Wallahu a’lam bi shawwab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: