Positive Info

Semoga informasi-informasi di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Transmisi Otomatis Berisik

Posted by akiteha pada Desember 25, 2007

Sumber: Otokir – Pikiran Rakyat, 02 Nov 2007

Bila transmisi otomatis kendaraan berbunyi berisik saat kendaraan berjalan, itu bisa menjadi satu pertanda sudah tidak optimal lagi kerja perangkat itu. Salah satu penyebabnya karena pengoperasian transmisi otomatik yang tidak halus, misalnya dari posisi maju (D) ke mundur (R). Cara yang benar adalah mobil berhenti baru memindahkan gigi ke posisi D atau T. Jangan mobil belum berhenti, tuas gigi otomatik sudah digerakkan. Masalahnya komponen dalaman transmisi bisa saling berbenturan sebelum waktunya sehingga menimbulkan suara berisik. Kondisi seperti itu membuat tenaga mesin pun menjadi tidak optimal lagi dan cenderung tidak responsif. Tenaga yang loyo ini disebabkan kemampuan kopling untuk meneruskan daya dari mesin ke sistem penggerak roda berkurang. Penyebabnya adalah kampas kopling di gear box yang aus karena pengoperasian kasar. Keausan juga bisa terjadi pada roda gigi percepatan. Pemindahan ke posisi R atau D saat roda masih berputar mengakibatkan gesekan pada celah atau backlash di roda gigi. Celah ini dalam jangka waktu tertentu akan membesar. Celah inilah yang mengakibatkan bunyi di sistem transmisi otomatik. (dikdik suherman)***

2 Tanggapan to “Transmisi Otomatis Berisik”

  1. refrilukman said

    Saya mau nanya, mungkinkah tranmisi yang berbunyi pada hal mobilnya masih baru ? bunyi terutama pada saat kendaraan dalam keadaan menarik.
    Sebab saya pernah komplain ke bengkel resmi, katanya normal.
    Makasih.
    😉 siapa yang punya pengalaman mengenai transmisi yg berisik??

  2. Endro said

    Saya memiliki masalah dengan kopling matic mobil saya, setelah berjalan beberapa saat lalu berhenti (tanpa mematikan mesin hanya di N saja)saat mau jalan lagi tiba-tiba tidak mau, setelah pedal gas diinjak lebih dalam mau jalan tetapi tidak mau pindah gigi. (mobil memang saya baru dapat)
    Mohon bantuannya terimakasih.

    Salam
    Endro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: