Positive Info

Semoga informasi-informasi di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Cara Merawat Motor 4 Tak

Posted by akiteha pada Desember 25, 2007

 Sumber: Otokir – Pikiran Rakyat, 14 Des 2007

KALAU motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! Padahal, biasanya kondisi itu terjadi akibat kita juga yang kurang merawat motor. Untuk menangani motor yang sering rewel ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti setang seher, seher, dan ring seher, kruk as serta noken as atau setang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodik dan gunakan merek oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Cek Kondisi Aki

Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan air aki pada pagi hari

Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan, jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab, bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalau lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran satu mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan, karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa Tekanan Angin Ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Sparepart Asli

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi daya tahan kurang. selamat merawat motor. Jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senantiasa tampil prima. (yana)***

About these ads

18 Tanggapan to “Cara Merawat Motor 4 Tak”

  1. [...] By ducknes Cara Merawat Motor 4 Tak [...]

  2. TUKIYEM MARFUNGAH said

    Tipsx kok mirip banget ma tempat lain. ini pasti ngopi ya? gak kreatif banget..
    ;) Namanya juga lagi belajar nulis ….. khan sumbernya juga sudah disebutkan, terima kasih atas kunjungan dan kritikannya

    • lunk said

      sebenarnya sepeda itu jangan terlalu di pelihara dan di jaga takutnya nanti manja. mentak ini itu.kan habisin uang saku. maaf yang kirim mahasiswa

      *) terimakasih agan mahasiswa

  3. Indra said

    bagaimana jika motor tidak pernah dirawat?

  4. Indra said

    Mau tanya ne,
    bagaimana cara merawat aki biar tokcer selalu?
    terima kasih bila ada yang menjawab.

    • wendy said

      kita lihat dulu jenis aki nya bro…. kalo jenisnya dry accu/aki kering MF (maintenance free)mang tu aki dah diset dari sononya maksimal 1 – 2 tahun tergantung ola pakainya.. kalo NMF (non maintenace free) Wet accu/aki basah sesering mungkin cek air accu nya,kalo berkurang tambahkan air accu yang berkualitas, usahakan ada dilevel maksimal 1/2 bulan sekali….. bersihkan socket2nya memakai amplas untuk lebih lancar pengisian dan penyaluran aki dari /ke aki…… per 6 bulan keluarkan air accu ganti dengan accu zuur….so yang pastikan pakai air accu/accu zuur/aki merk berkualitas……. pengalaman g aki yang terawat bisa smpe 2 tahun…..thanx

      • lunk said

        wah kayaknya terlalu berbelit belit. kalo air accu anda suah habis atau uda yidak bisa di pakek lagi anda datang ke toko motor dan beli baru oke. yang ngumung anaknya orang miskin

  5. bejo said

    mas indra dihalaman lain sudah diberitahukan.cari saja d google sudah ada.

  6. imam said

    makasih ya…..

  7. Andrian said

    Saya mau tanya ne…
    knapa ya mtor saya pada saat berjalan,saya tarik gas lebih cepat,tapi mesin motor nggak langsung cepat tarikannya,mesinnya kayak mau mati gitu,baru tarikannya lancar. Apa yang terjadi pada motor saya?

  8. jupe said

    memang aku hrs blajar lbh giaT

  9. TD said

    Kalo pas tarikan mau mati tuh biasa’y karburator nya kotor.

  10. mzarkoni said

    pas tarikan mau mati biasanya:
    1. karburator kotor,
    2. pengapiannya bermasalah (entah dari busi/ yg lain)

    itu yang saya tau,,he he

  11. lunk said

    wah itu bukan kabilator tapi emang motornya kayak gitu, coba ganti baru kan pasti enak bawaanya. atau kalo pngin ngebut beli aj motor balapan kan biasanya kencengya bukan main

    *) itu sih semua pasti setuju gan —-

  12. Alfian said

    Kalau motor mau awet, ikuti aja petunjuk yg ada di bukunya, udah pasti awet tuh.

    *) betul juga —- tapi gak semua pemilik motor juga memiliki buku cara perawatan

  13. [...] Cara Merawat Motor 4 Tak 16 02 2010 Cara Merawat Motor 4 Tak [...]

  14. seger said

    betul betul betul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: